Jul 17, 2016

5 Cara meningkatkan metabolisme tubuh

loading...
Mengapa perlu meningkatkan metabolisme tubuh..?

Salah satu faktor yang akan mempengaruhi kecepatan program diet Anda adalah tingkat metabolisme dalam tubuh Anda.

Tingkat metabolisme ini biasanya tergantung dari gen, usia, jenis kelamin dan komposisi tubuh. Tapi hal ini bisa dirubah dgn melakukan beberapa hal yang sederhana.


Inilah 5 cara sederhana yang bisa digunakan untuk menjaga dan meningkatkan metabolisme Anda :

1. Minum air putih dingin

Banyak orang beranggapan bahwa minum air dingin akan menyebabkan gemuk. Padahal sebaliknya, air dingin akan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh Anda. Ini terjadi karena tubuh Anda memerlukan lebih banyak kalori untuk mengembalikan suhu nya ke keadaan normal.

Ketika tubuh mendapatkan air dingin, suhu nya akan menurun oleh sebab itu tubuh secara otomatis akan meningkatkan suhu dgn jalan membakar lebih banyak kalori. Yang perlu diperhatikan adalah air dingin tersebut tidak boleh dicampur apapun, karena dgn menambahkan campuran seperti sirup, gula, dll. Maka akan menambahkan kalori kedalam air itu. Jadi minumlah Air putih dingin saja.

2. Makan-makanan yang tepat

Memilih jenis makanan tertentu bisa meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Jenis makanan ini biasanya memiliki kandungan protein yang tinggi. Karena protein sangat baik untuk meningkatkan masa otot ( kepadatan otot ) Anda. Semakin tinggi masa otot Anda , maka tubuh akan membakar semakin banyak lemak.

Ingat " otot seperti kompor didalam tubuh kita, maka semakin banyak otot, metabolisme dalam tubuh akan semakin tinggi. Sumber protein yang baik bisa Anda peroleh dgn makan ikan laut, putih telor, tahu tempe, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dll.

Yang perlu diperhatikan adalah cara memasak mekanan tersebut, pilihlah cara memasak seperti dikukus, direbus atau dipanggang, hindari cara memasak dgn menggoreng.

3. Melakukan olahraga yang tepat

Olahraga adalah salah satu cara cepat untuk meningkatkan metabolisme, tapi perlu Anda ketahui jenis olahraga tertentu akan memberikan efek yang berbeda terhadap tubuh Anda. Dua jenis olahraga yang baik untuk meningkatkan metabolisme adalah aerobik dan angkat beban.

Perlu anda ketahui, untuk manfaat yang maksimal Anda perlu menggabungkan ke dua jenis olahraga tersebut. Mengapa..? Karena latihan aerobik akan meningkatkan metabolisme Anda saat berlatih, sedangkan latihan beban akan memberikan efek peningkatan metabolisme secara berkelanjutan.

Jadi dgn berlatih beban , saat selesai latihan pun metabolisme tubuh Anda tetap tinggi.

4. Cukup istirahat / tidur yang cukup

Tubuh rata-rata memerlukan waktu istirahat 6 sampai 8 jam perhari untuk mengembalikan kondisi kebugarannya. Kurangnya istirahat akan menyebabkan terbentuknya hormon ghrelin yang dapat memicu rasa lapar.

Disamping itu dgn kondisi tubuh yang kurang fit karena kurang tidur, maka tubuh akan menurunkan tingkat metabolismenya secara otomatis untuk menghemat tenaga yang digunakan. Jadi mulai sekarang aturlah waktu istirahat Anda , jangan terlalu banyak bergadang.

5. Membentuk pola pikir yang tepat

Semua hal diatas tidak akan berguna jika pola pikir Anda tidak dirubah, mengapa..?

Karena dgn pola pikir yang sama seperti sekarang, Anda mungkin akan melakukan cara-cara diatas hanya selama beberapa saat saja. Kemudian Anda kembali ke kebiasaan Anda semula. Akibatnya cara apapun yang Anda lakukan untuk meningkatkan metabolisme tidak akan berhasil.

Anda perlu merubah pola pikir Anda untuk mendapatkan hasil yang baik dalam jangka panjang. Hal ini bisa Anda mulai dgn mencari informasi-informasi tentang gaya hidup, pola makan dan info seputar kesehatan. Atau Anda juga bisa bergabung dgn komunitas offline atau online yang mempunyai tujuan yang sama dgn Anda.

Dengan melakukan kelima hal ini saja , maka keberhasilan program Anda akan meningkat dan keinginan Anda untuk memiliki tubuh langsing akan bisa tercapai. Baca juga : Saya berhasil menurunkan berat badan 12 kg selama 2,5 bulan

Bagikan

Jangan lewatkan

5 Cara meningkatkan metabolisme tubuh
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.