Jul 19, 2016

3 kesalahan diet dan cara mengatasinya

loading...
Apakah Anda melakukan kesalahan diet ini..?

Jika saat ini Anda sedang melakukan program diet, mungkin Anda perlu membaca artikel ini, karena tanpa disadari Anda mungkin saja telah melakukan kesalahan kesalahan diet yang akan menggangu keberhasilan diet Anda.

Anda juga akan mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah itu kemudian menggunakannya untuk meningkatkan keberhasilan program diet Anda.


Inilah 3 kesalahan diet yang sering dilakukan :

1. Melewatkan jam makan

Kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan adalah melewatkan jam makan. Yaitu hanya makan 1 sampai 2 kali sehari. Dgn asumsi " jika makan sedikit, maka berat badan saya pasti turun ".

Kenyataannya dgn menggunakan pola makan seperti itu, tubuh Anda akan bereaksi dgn mengaktifkan " mode survival " ( mode untuk bertahan hidup ). Secara otomatis tubuh akan menurunkan tingkat metabolisme, jadi pembakaran lemak akan berkurang, kemudian tubuh akan mengaktifkan sistem " fat-storingenzymes " ( tubuh akan menyimpan semua makanan yang masuk dalam sel lemak ).

Hal ini terjadi karena tubuh takut kelaparan , jadi makanan yang Anda makan disimpan di sel lemak untuk dijadikan cadangan energi nantinya. Disamping itu tubuh Anda akan mengalami kelaparan berkepanjangan dan akan terjadi pengurangan pada masa otot Anda, yang berakibat tubuh akan lebih mudah untuk menyimpan lemak.

Solusinya :

Daripada mengurangi makan Anda , akan lebih efektif untuk menambah frekuensi makan Anda.

Saya anjurkan untuk makan 5 sampai 6 kali sehari dgn porsi kecil. Hal ini akan membuat tingkat metabolisme tubuh Anda tetap terjaga, masa otot tetap terjaga, tubuh akan lebih sedikit menyimpan lemak karena lebih sering mendapatkan makanan, jadi tubuh tidak akan merasa takut terjadi kelaparan dan keinginan untuk ngemilpun akan berkurang.

Bagaimana saya bisa makan 5 sampai 6 kali sehari..?
Saya tidak punya cukup waktu untuk melakukannya..?

Ok..saya juga seperti itu.

Jadi saya menggunakan meal replacement, yaitu suplement pengganti makan. Ini adalah cara yang mudah , cepat dan tepat karena hanya diperlukan 1-3 menit untuk melakukannya, disamping itu dgn suplement saya jadi gampang untuk mengontrol kalori yang saya makan. Dan kebutuhan tubuh akan nutrisi makro dan mikropun bisa tercukupi.

Saya biasanya makan suplement nutrisi ini 3-4 kali sehari dan makan normal porsi kecil 1-2 kali sehari. Baca juga : Bagaimana saya berhasil melakukan program diet

2. Hanya berfokus pada penurunan berat badan

Menurunkan berat badan dgn cepat memang menjadi keinginan banyak orang yang mengalami kegemukan, mungkin Anda merupakan salah satunya. Apakah hal itu salah..?

Tidak...

Tapi yang perlu Anda ketahui adalah efek samping yang akan terjadi jika Anda kehilangan berat badan terlalu cepat. Tubuh kita terdiri atas otot, lemak, tulang dan air. Menurunkan berat badan dgn cepat biasanya akan mengurangi masa otot, tulang dan kadar air dalam tubuh Anda, karena untuk mengurangi lemak diperlukan waktu yang lebih lama.

Coba saja Anda bayangkan, berapa tahun yang diperlukan bagi tubuh Anda untuk mencapai berat badan seperti saat ini kan..

Biasanya ketika Anda mengalami kegemukan , berat badan Anda rata-rata naik 1-3 kg perbulannya, jadi tubuh juga memerlukan waktu untuk menyimpan lemak. Begitu juga sebaliknya ketika Anda ingin menguranginya, maka Anda juga memerlukan waktu yang hampir sama. Dan ketika Anda menurunkan berat badan dgn cepat, maka nantinya berat badan Anda juga bisa naik dgn cepat pula, inilah yang dinamakan diet yoyo.

Solusinya...

Berfokuslah pada pengurangan lemak tubuh Anda. Pengurangan berat badan yang baik terjadi jika dalam seminggu berat Anda berkurang maksimal 1 % dari berat total Anda.

Misalnya : jika saat ini berat Anda 100kg maka dalam seminggu maksimal Anda menurunkan hanya 1 kg, minggu selanjutnya 990gr ( 99x1% ) dan seterusnya.

Dengan cara ini biasanya Anda akan dapat menjaga kestabilan berat badan Anda lebih lama. Untuk mengetahui bagaimana cara mengukur kadar lemak Anda , bisa Anda lihat di artikel BMI kalkulator. Kesalahan diet terakhir :

3. Hanya menggunakan satu cara saja

Menggunakan satu cara saja untuk mengurangi berat badan Anda tidak akan efektif. Misalnya : Anda hanya menggunakan pengaturan pola makan dan pengurangan kalori saja.

Contoh : Anda melakukan pengurangan 500 kalori perhari untuk menurunkan berat Anda. Pada awalnya mungkin Anda berhasil menurunkan beberapa kg dgn cara ini, tapi kemudian berat Anda tidak akan turun lagi.

Apa yang terjadi..?

Tubuh kita sangat pintar, ketika Anda mengurangi kalori yang masuk, maka secara perlahan tubuh akan menyesuaikan diri dgn menurunkan metabolisme yang menurunkan tingkat pembakaran lemak. Dan dgn pembakaran lemak yang sedikit maka berat badan Anda akan stabil.

Solusinya....

Akan lebih baik untuk mengubah gaya hidup Anda. Maksud saya disini adalah " jangan hanya berdiet, mulailah gaya hidup baru yang lebih sehat ". Anda bisa melakukannya dgn kombinasi antara : pengurangan 500 kalori, suplement nutrisi, latihan beban, latihan aerobik, pemilihan makanan dll.

Dengan mengkombinasikan beberapa cara diatas maka tingkat kesuksesan program Anda pun akan meningkat.

Itulah beberapa kesalahan diet dan solusi yang biasanya saya gunakan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

Bagikan

Jangan lewatkan

3 kesalahan diet dan cara mengatasinya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.